Langsung ke konten utama

PILIHAN YANG SALAH

Jadi waktu gue UN SMP kemarin, banyak banget orang-orang yang nawarin kunci jawaban ke gue, dimana kunci jawaban itu emang laku keras banget dikalangan anak-anak kelas 9 waktu itu, bukan kelas 9 ajasih, pasti kelas 12 SMA juga. Akhirnya gue tolak KJ itu semua, bukan karena sombong atau munafik atau apalah terserah, gue cuma mau tes kemampuan gue sendiri aja.

Ujian nasional gue jalanin dengan jujur, ya syukur 4 hari berbahaya itu dilewati dengan "lancar". Jujur sih gue emang bodoh di bidang Matematika, waktu lagi kerjain aja gue sok-sok ngitung, yaa tapi tetap aja hasilnya gak ada di PG (pilihan ganda) dan akhir-akhirnya mau gak mau CAP CIP CUP.
Ya cuma ini yang gue bisa lakuin waktu itu. Pengen coba ngeracunin penjaga, salah satu ide bodoh yang ada di otak gue.

Ujian nasional akhirnya selesai. Waktu itu hari kamis, dan sebelum pulang semua murid kelas 9 disuruh baris dilapangan, ya biasa antisipasi coret-coretan gitulah.. Ya tapi tetap aja, disaat pulang mereka pasti pada janjian untuk ngelakuin hal itu. Beda sama gue, disaat mau pulang aja, bokap udah berdiri tegak di depan sekolah dengan kumisnya yang indah untuk jemput gue. Sungguh murid kelas 9 yang cupu.

Hari terus berjalan, dan akhirnya tiba pengumuman nem hasil UN kemarin. Hasil nem nya alhamdulillah, dengan hasil usaha sendiri pasti bangga. Nem gue itu mungkin di tahun pelajaran sebelumnya bisa dibilang tinggi. Tapi di tahun pelajaran gue yaaaa...

Tahun pelajaran sebelumya bisa dibilang beda banget dengan tahun pelajaran gue. Nem yang tahun pelajaran kemarin bisa dibilang tinggi ini, jadi gak ada apa-apanya di tahun pelajara gue. Bahkan disaat tahap seleksi aja nem gue ini kelempar begitu aja. Cyumppaahh pediiihh.

Dan akhirnya gue memutuskan untuk sekolah di SMA swasta, okelah gapapa.. masa depan gak di tentuin dengan kita sekolah dimana kan ?

Ekspektasi gue untuk sekolah ini cuma semoga sekolah SMA gue ini bisa sama bagus dengan sekolah SMP gue sebelumnya. Yang bagus dalam hal KBM, ekskul atau kegiatan lain diluar sekolah.

Dan ternyata selama gue jalanin semester 1 ekspektasi gue salah, sekolah yang gue tempatin sekarang bisa dibilang dibawah sekolah SMP gue kemarin, bener-bener beda. Bedaaa banget

Liburan semester dua gue mengambil langkah untuk ikut tes mutasi, kesekolah negeri dan yang lebih bagus tentunya.

Sebelumnya gue emang udah bilang ke nyokap bokap tentang keluhan gue ini. Hasilnya nyokap dan bokap setuju untuk gue mutasi.

Okeeee kita langsung ke tahap tes aja. Tes mutasi nya itu ada dua tahap, pertama tes bidang pelajaran, karena jurusan gue IPS ya soal yang gue kerjain itu ada 4, Geografi, Sosiologi, Matematika dan Ekonomi. Tahap kedua itu tes wawancara, ya wawancara yang gitu gituuu. "Apa alasan pindah kesini? Apa visi misi untuk sekolah ini? Apa penyebab Saiful Jamil dipenjara ?"

Dua tes itu gue lewatin dengan lancar, gampang, gak ada kesulitan. Anjaaaasss

Tiba dihari pengumuman, waktu hari pengumuman gue lagi gak dirumah, jadi gue minta tolong temen gue untuk liatin hasilnya. Dan hasilnya alhamdulillah gue keterima, dari sekitar 90an murid, yang keterima cuma 12 orang, senang banget sumpah.

Semester kedua dimulai, gue masih sekolah di sekolah gue sebelumnya. Yaaaa masuk dengan baik-baik, pas perpisahan harus baik baik juga kan ? Okeee di hari pertama masuk sekolah itu nyokap lagi ngurusin surat-surat untuk kepindahan gue kesekolah yang baru.

Sekitar jam 9, nyokap telfon gue. Ternyata semua murid mutasi harus masuk di hari itu juga. Perpisahan yang gue harapin baik baik ternyata gak jadi. Di hari itu, di jam segitu juga gue bingung, mau ngomong apa ke guru, mau ngucapin perpisahan tapi dadakan banget, yaa akhirnya gue meminta surat izin. Dengan alasan "Ada urusan diluar sekolah"

Akhirnya gue kesekolah baru gue, dihari pertama sekolah sebagai anak mutasi ya gituu, perkenalan diri didepan kelas, masih kaku lah pokoknya.

Hari kedua disekolah baru gue udah mulai enak, udah punya banyak teman. Tapiiiii... gatau kenapa gue merasa gak nyaman dengan situasi saat itu. Disekolah benar-benar merasa untuk cepat-cepat pulang.

Sampai dirumah gue bener-bener stress banget, ada kepikirian untuk gue balik lagi kesekolah yang lama. Sampai akhirnya gue telfon nyokap untuk cepat pulang, waktu itu posisi nyokap lagi diluar, lagi ngurusin surat kepindahan gue di sudin.

Nyokap akhirnya pulang, dengan takut-takut gue jujur ke nyokap dengan kegelisahan yang lagi gue rasain ini.
  "Mah, kalau aku balik lagi kesekolah lama gimana ?" Jujur gue.
  "Loh kenapa, kemarin ngebet ngebet minta pindah sekolah, sekarang mau balik lagi. Mamah udah capek ngurusin surat surat ini" Saut nyokap sambil menunjuk surat-surat persyaratan pindah.

Jujur.. Dengar perkataan nyokap kayak gitu gue benar-benar merasa bersalah banget. Akhirnya cuma gue jawab "Yaudahdeh"

Malam pun tiba, gue sekeluarga lagi ngumpul-ngumpul di depan tv sambil menyantap hidangan makan malam yang disiapkan nyokap. Disela-sela makan malam nyokap bilang ke gue.
  "Kamu jadi mau balik lagi ?"
  "Maunya mah" Jawab gue
Bokap pun memberi saran ke gue.
  "Coba jalanin aja dulu, nanti juga nyaman"
Dengar saran bokap, gue sedikit kesal, mungkin dengan bokap memberi saran begitu, bokap gak setuju dengan keinginan gue untuk balik lagi kesekolah yang lama. Dengan itu, gue pun langsung masuk ke kamar, tutup pintu dan tidur.

Keesokan pagi, gue benar-benar gak semangat untuk kesekolah. Tetapi akhirnya gue paksain untuk mandi di pagi itu. Mungkin karena liat muka gue yang gak ada semangat-semangatnya untuk sekolah, nyokap tanya "Masih mau balik lagi ?". "Iya mah" jawab gue. Dengar jawaban gue, nyokap bilang "Yaudah.. kalau mau balik lagi gapapa, kalau gak nyaman yaa mau diapain lagi, kalau diterusin nanti ngejalaninnya malah gak sepenuh hati" Dengar perkataan nyokap gue seneng banget, bokap pun juga bilang ke gue "Makannya kalo mau pindah, dipikir-pikir dulu. Kalau kita mau balik lagi ketempat yang lama kan belum tentu tempat yang lama itu mau terima kita lagi". 

Dihari itu juga gue pun gamasuk sekolah, dan nyokap pun langsung pergi kesekolah gue yang lama untuk meminta agar gue bisa diizinkan untuk sekolah lagi disekolah tersebut, hasilnya alhamdulillah, gue diperbolehkan untuk balik lagi.

Dengan pengalaman gue ini, gue rasa kayaknya ada kaitannya juga dalam hal percintaan yang biasa kita alamin. Disaat kita berada pada seseorang yang tepat, namun hanya dengan beberapa alasan sepele, kita memutuskan untuk pindah hati pada orang lain yang kita pikir jauh lebih baik dibanding orang sebelumnya. Namun kenyataannya salah, seseorang yang kita anggap lebih, ternyata malah jauh lebih buruk dari orang sebelumnya dan akhirnya buat kita gak nyaman. 

Dengar perkataan nyokap "kalau gak nyaman yaa mau diapain lagi, kalau diterusin nanti ngejalaninnya malah gak sepenuh hati." Ya sama aja kalau kita di orang yang bikin kita gak nyaman, pasti ngejalanin hubungannya juga gak sepenuh hati, yaa akhir-akhirnya capek juga yang dirasain.

Kayaknya apa yang dibilang bokap ada kaitannya juga deh "makannya kalau mau pindah dipikir-pikir dulu. Kalau kita mau balik ketempat yang lama kan belum tentu tempat yang lama itu mau terima kita lagi" Maksudnya kalau kita mau pindah hati ke orang lain, ya kita harus pikir benar-benar dulu, jangan cuma dilihat dari hal yang buat kita bete aja, tapi juga lihat hal yang buat kita bahagia sama orang itu sendiri, kalau kita ambil langkah untuk pindah hati, tapi ternyata salah, dan kita mau balik ketempat yang lama gimana ? Syukur kalau mau nerima, kalau enggak ?

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

BEBEK NUNGGING

Pasti kalian masih ingat dengan istilah "Bebek Nungging". Iya ini lohh yang buat Zaskia Gotik dipilih jadi duta pancasila. Tadi pagi gue sempet buka twitter, bulak balik ke atas ke bawah, dan lihat satu foto yang buat gue berpikir "Ini loh bebek nungging yang asli". Nah ini nih fotonya. Coba kalian lihat, sebelas duabelas kan sama bebek nungging ? Gue suka bingung, kenapa sih mereka harus foto kayak gitu ? Seksi ? Hot ? Kalo foto jangan terlalu hot deh, nanti susah bedain mana kalian, mana tahu hot jeletot di pinggir jalan yang harganya duaribu-an. Ya emang sih foto kayak gini tuh emang udah nge-trend banget di kalangan cewek - cewek SMA/K, coba kalian buka instagram, pasti nemu foto kayak gini. Hampir semua foto - foto cewek SMA/K tuh ya pose nya begini, bungkukan badan sektiar 45 derajat, condongkan bokong ke belakang. Yaa gini aja terus sampe Metallica rilis album religi. Bukan cuma gaya foto sih, tapi style mereka - mereka bisa dibilan

TIPE MURID KESAYANGAN GURU

Seharusnya dalam kegiatan belajar-mengajar semua guru harus memperlakukan semua murid nya dengan sama ya, gak dibeda-bedain gitu. Tapi ya kenyataannya gak, pasti ada yang diperlakukan dengan baik, ada juga yang diperlakukan dengan buruk, ya mungkin karena sifat muridnya aja yang ngeselin. Begitu juga dengan guru disekolah. Nggak semua anak mereka di perlakukan dengan sama, ada yang sering ngerjain tugas tapi nilainya biasa aja, ada juga yang ngumpulin tugas nya bolong-bolong tapi nilai nya bagus, yaa guru memang punya anak kesayangan. Ya hal-hal kayak gini juga sering banget gue rasain di sekolah. Naaah menurut gue, murid kesayangan guru itu biasanya yang kayak gini nih. RAJIN Naahh sekarang mana ada guru yang gak suka kalo muridnya rajin, gak cuma rajin ngumpulin tugas tapi juga rajin untuk tampil di depan kelas atau rajin ikut kegiatan yang ada disekolah. Tapi biasa nya anak-anak yang rajin kayak gini malah djauihin sama temen-temen kelasnya, dibilang cari

JARAK

                Ojek online memang gabisa lepas dari kebutuhan kita untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Kesekolah naik ojek online, mau pergi naik ojek online, pesan makanan pakai ojek online, kirim barang pakai ojek online, ngerjain tugas pakai ojek online, ngerjain skripsi pakai ojek online, ngambil rapot pakai ojek online, pacaran sama supir ojek online, calon bini anaknya ojek online. Semuanya serba ojek online.                 Dengan adanya transportasi  seperti ojek online ini memang memudahkan banget untuk kita ngelakuin beberapa hal. Beberapa hal yang dulu kita anggap ribet, sekarang terasa mudah dengan adanya ojek online. Laper dikit, males keluar rumah? tinggal pesan makanan lewat ojek online. Pergi jauh, gak ada kendaraan? tinggal pesan ojek online. Kirim barang? tinggal pesan ojek online. Pacar mulai gak perhatian? pacarin aja supir ojek online.                 Tetapi dengan adanya transportasi ojek online ini, jelas menggusur beberapa transportasi umum yang lainnya